Apa sih Petugas Pembukuan itu?

Rentang Gaji Tahunan
Full-time: $ 18.000 sampai $ 40.000 +
Kisaran gaji mencerminkan perbedaan dalam tanggung jawab pekerjaan, ukuran dan jenis majikan (Perusahaan), pasokan dan permintaan dari pemegang buku di daerah geografis tertentu. (Informasi gaji umum ini tersedia di US Bureau of Labor Statistics.) Nah untuk wilayah Indonesia juga bermacam-macam nilai rentang gaji yang ditawarkan, namun kami belum juga menemukan sumber yang bisa memberikan informasi ini. Mungkin sangat jauh juga dengan di Amerika.


Latar Belakang Pendidikan
Beberapa pemegang buku memasuki angkatan kerja dengan gelar associate dua tahun di bidang akuntansi, sementara yang lain masuk dengan ijazah sekolah tinggi (Sarjana) dan harapan bahwa Perusahaan akan memberikan pelatihan on-the-job. Jika Anda dipekerjakan sebagai akuntan, Anda harus mengasumsikan bahwa Anda akan memerlukan beberapa pengalaman (baik formal maupun on-the-job) dalam penggunaan software akuntansi. Pemegang buku tidak diharapkan memiliki gelar empat tahun di bidang akuntansi. Bahkan bisa juga anda hanya dengan ijazah SMA/SMK bisa menjadi Petugas Pembukuan tergantung perusahaan mana yang anda inginkan.


Asosiasi Keanggotaan
Untuk saat ini saya belum menemukan asosiasi Petugas Pembukuan di Indonesia, atau mungkin ada namun saya belum mengetahuinya. Jika ada maka sangat baik, sehingga setiap petugas pembukuan bisa mendapatkan pelatihan dan juga sertifkasi untuk petugas Pembukuan yang diadakan oleh asosiasi.


Siapa Karyawan Petugas Pembukuan?
Petugas Pembukuan biasanya dipekerjakan oleh perusahaan yang mungkin tidak memiliki kebutuhan, sarana, ataupun dana untuk mempekerjakan seorang staf akuntan. Perusahaan akan menyewa staf akuntan untuk menangani berbagai kegiatan keuangan rutin, seperti gaji, penagihan, dan pembelian. Produsen kecil, toko ritel, distributor, kantor hukum besar, kantor akuntan kecil, dan badan non profit adalah contoh dari perusahaan tersebut. Jika seorang akuntan dibutuhkan, perusahaan biasanya melakukan kontrak dengan sebuah perusahaan jasa akuntansi dari luar untuk layanan yang dibutuhkan.


Jenis Tugas dan Tanggung Jawab
Petugas pembukuan harus berorientasi secara rinci, mereka diharapkan menjadi akurat dan efisien dengan berbagai tugas keuangan dasar yang sangat penting untuk analisa kemampuan perusahaan dengan menjaga informasi keuangan yang akurat. Sebagai pemegang pembukuan, Anda akan diharapkan untuk menangani transaksi keuangan rutin dengan volume besar di berbagai bidang seperti penjualan, pembelian, dan penggajian. Anda juga dapat diharapkan untuk menghasilkan / menangani dokumen yang terkait dengan transaksi. Misalnya, pembelian yang dilakukan oleh perusahaan mungkin termasuk pesanan pembelian, menerima tiket, faktur pemasok, dan pembayaran kepada pemasok. Sebuah tugas pembukuan juga mungkin termasuk pembaruan dokumen keuangan internal serta laporan keuangan eksternal rutin.

Sebuah karya pembukuan mungkin ditinjau oleh seorang akuntan atau bisnis manajer dari dalam perusahaan, atau oleh sebuah perusahaan akuntansi yang dikontrak oleh perusahaan.


Kebutuhan di Masa Mendatang
Meningkatnya keterjangkauan komputer dan perangkat lunak berarti bahwa pengusaha akan terus mencari petugas pembukuan yang mahir di bidang akuntansi / bisnis perangkat lunak. Dengan munculnya teknologi baru seperti perangkat lunak sebagai layanan (SaaS, juga dikenal sebagai "cloud computing"), usaha kecil akan memberikan preferensi untuk mempekerjakan Petugas Pembukuan yang beradaptasi dengan perubahan dalam sistem komputasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar