Apa Sih Akuntan Itu?

Rentang Gaji Tahunan Seorang Akuntan

Full-time: $ 40.000 sampai $ 80.000 +
Kisaran ini merefleksikan perbedaan dalam tanggung jawab pekerjaan, ukuran dan jenis majikan, dan penawaran dan permintaan akuntan di daerah geografis tertentu. (Informasi gaji umum tersedia di US Bureau of Labor Statistics.). Ini juga termasuk di Indonesia yang memiliki perbedaan gaji berdasarkan geografi letak perusahaan, tanggung jawab dan besar kecilnya perusahaan.


Kebutuhan pendidikan Akuntan

Akuntan diharapkan memiliki gelar sarjana di bidang akuntansi dari sebuah perguruan tinggi atau universitas empat tahun. Dari 120 SKS yang diperlukan untuk gelar, sekitar 30-36 kredit ini akan berada di kursus akuntansi seperti akuntansi keuangan, akuntansi biaya, pajak penghasilan, konsolidasi, audit, dan sistem akuntansi. Juga diperlukan dalam 120 kredit adalah program bisnis seperti perilaku organisasi, pemasaran, statistik bisnis, sistem komputer, hukum bisnis, ekonomi, dan kebijakan administrasi.

Sementara gelar sarjana di bidang akuntansi akan membuat Anda memenuhi syarat untuk menjadi akuntan, itu tidak akan memenuhi persyaratan saat ini untuk menjadi seorang akuntan publik bersertifikat (CPA). Itulah mengapa beberapa perguruan tinggi dan universitas sekarang menawarkan baik akuntansi utama serta program gelar 150-kredit yang memenuhi syarat Anda untuk mengambil Ujian CPA.

Asosiasi Keanggotaan untuk Akuntan

Akuntan dapat bergabung dengan organisasi nasional dengan bab lokal seperti

Ikatan Akuntan Indonesia

, dan juga asosiasi lain yang serupa yang mengarah pada akuntan.



Siapa yang Membutuhkan Akuntan?

Banyak perusahaan yang cukup besar dan cukup kompleks untuk membutuhkan keahlian berkelanjutan akuntan di rumah. Sebagai seorang akuntan, Anda mungkin menemukan diri Anda bekerja untuk sebuah perusahaan manufaktur, rumah sakit, bank, perusahaan asuransi, atau perusahaan broker. Akuntan juga dipekerjakan oleh instansi pemerintah federal seperti Internal Revenue Service (IRS), Biro Investigasi Federal (FBI), Securities and Exchange Commission (SEC), dan Government Accountability Office (GAO). Instansi pemerintah negara dan organisasi-organisasi besar tidak-untuk-profit juga mempekerjakan akuntan.


Tugas dan Tanggung Jawab Akuntan

Menjadi mahir dalam hal keuangan dan akuntansi hanyalah salah satu dimensi menjadi akuntan yang sukses. Pengusaha tahu ini, dan akan lebih memilih untuk menyewa seorang akuntan yang, selain menunjukkan keterampilan akuntansi sangat baik, juga memiliki ciri-ciri sebagai berikut:


  • Perhatian penuh terhadap hal yang detail, tetapi tidak melupakan bagaimana detail mempengaruhi gambaran yang lebih besar
  • Pemecah masalah (Probel Solver), seorang pemikir strategis
  • Memiliki rasa ingin tahu yang produktif tentang sistem usaha (mengapa sebuah perusahaan yang menguntungkan, bagaimana mendapatkan pelanggan, dll)
  • Memiliki keterampilan mendengarkan yang baik
  • Dapat mengkomunikasikan informasi keuangan yang kompleks dalam cara yang langsung jelas
  • Supervisor yang baik juga bekerja dengan baik sebagai anggota tim


Beberapa akuntan adalah generalis, sementara yang lain lebih memilih untuk mengkhususkan diri di daerah tertentu. Misalnya, jika Anda dipekerjakan sebagai akuntan biaya (atau biaya manajer akuntansi) untuk perusahaan manufaktur, Anda mungkin mengawasi beberapa panitera biaya yang bekerja dengan Anda untuk menghitung biaya produk yang diproduksi, mempersiapkan perkiraan biaya untuk penjualan potensial produk baru, dan memonitor biaya bahan baku, tenaga kerja, dan overhead.

Atau, Anda mungkin bertanggung jawab untuk menganalisis umum saldo rekening buku besar sebuah perusahaan besar dan penyusunan laporan keuangan yang sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum. Dengan demikian, Anda akan mengawasi rekening pegawai hutang dan gaji pegawai. Untuk jenis akuntansi, judul Anda mungkin umum akuntan buku, kepala akuntan, akuntan perusahaan, manajer akuntansi, atau pengontrol perusahaan.

Semakin besar dan lebih kompleks sebuah perusahaan, semakin banyak dan beragam akan menjadi akuntan yang ada di staf, dengan judul seperti internal auditor, koordinator rencana keuntungan dan anggaran, peneliti masalah akuntansi dan pajak, analis keuangan, atau pajak akuntan.


Kebutuhan Masa Depan akan seorang Akuntan

Ketika dunia menjadi lebih saling berhubungan melalui sistem global dan perdagangan internasional, peningkatan kebutuhan akuntan untuk memiliki pengetahuan dalam standar akuntansi internasional serta teknologi baru yang membantu manajemen dalam membuat keputusan. Singkatnya, akuntan perlu menjadi pelajar seumur hidup yang bekerja sama dengan orang-orang di bidang-bidang seperti pemasaran, produksi, teknologi informasi, dan e-commerce.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar